Sebelum menulis tips menangkan bayi rewel dan menangis ini. Aku berfikir bahwa banyak ibu ibu yang kebingungan dalam menghadapinya. Jadi, rasanya aku ingin sedikit berbagi pengalaman menenangkan bayi rewel dan menangis berdasarkan pengalaman ku sendiri. Anggap saja sebagai tambahan opsi yang bisa dilakukan dalam menenangkan bayi rewel dan menangis.

Memiliki seorang bayi adalah sebuah pengalaman yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Jika kamu adalah tipe orang yang selalu gemas melihat foto bayi di instagram, ada baiknya kamu membaca kenyataan yang akan saya tuliskan berikut ini. Agar bayangan mu tentang memiliki seorang bayi tidak hanya soal lucu-lucu nya saja.

Bukan ingin menakut-nakuti, namun hanya sekedar berbagi pengalaman. Barangkali dari tulisan ini kita semua jadi lebih paham bahwa yang terpenting adalah berilmu sebelum beramal. Belajar dulu sebelum memulai sesuatu. Intinya begitu.

Pengalaman hamil dan melahirkan.

Selama hamil, aku selalu mempersiapkan segala sesuatunya. Aku searching sana sini dan tanya sana sini tentang pengalaman melahirkan. Bagaimana sakitnya, bagaimana penyembuhannya, bagaimana perawatan lukanya dan lain lain.

Namun, ada satu hal yang terlewat, yaitu tentang bagaimana merawat newborn atau bayi baru lahir.

Sehingga, setelah anak pertamaku lahir, kami (aku dan suami) kelabakan. Bingung dan tidak tau tentang apa yang harus kami lakukan. Terlebih ketika bayi kami rewel dan menangis.

Semua orang memang selalu punya yang namanya “kali pertama”. Tapi apapun itu kita tetap harus punya ilmu. Memang benar, berilmulah sebelum beramal. Agar tidak sesat dan salah jalan 😁

Pasca melahirkan, seorang ibu memang akan mengalami letih dan sakit yang tak bisa digambarkan. Kondisi tersebut akan diperparah lagi dengan tangisan bayinya yang tak kunjung reda.

Perasaan sang ibu akan campur aduk, antara rasa letih, mengantuk dan tak tega melihat anak menangis. Terlebih jika sang ibu tipe orang yang keukeuh ASI. Tak ingin buru-buru memberi anak Sufor ( susu formula) meski anak dikira menangis karna lapar saat baru lahir.

For your information. Bayi sebenarnya masih belum bisa minum banyak Karena Nutrisi bayi masih tercukupi selama 3 hari setelah lahir. Anak hanya perlu istilahnya dipaksa untuk menyusu sampai air susu ibu melimpah dan si bayi pandai dalam menyusu. Memang penuh drama.

Tapi jangan ragukan apa yang Allah ciptakan. Percaya saja, asimu cukup kok. Belum perlu tambahan. Kamu hanya perlu bersabar. Sabar kalikan sejuta. Saya akui berat namun bukan berarti tidak bisa, InsyaAllah berpahala.

Apa penyebab bayi rewel dan menangis?

Designed By Freepik

Bayiku termasuk tipe bayi yang doyan menangis. Terkadang dia bisa nangis semalaman. Berhenti sebentar kemudian nangis lagi.

Kemudian, apa yang membuat bayi menangis? Dilansir dari klikdokter.com Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan bayi menangis, yaitu :

  1. Bayi merasa lapar
  2. Mengantuk
  3. Merasa tidak nyaman
  4. Ada gangguan pada pencernaan
  5. Hanya ingin digendong
  6. Merasa ketakutan
  7. Merasa kesakitan

Bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel dan menangis?

Semua orang tua punya cara masing-masing dalam menenangkan bayi yang sedang rewel dan menangis. Disini saya akan membagikan pengalaman saya dalam menenangkan bayi yang sedang rewel dan menangis. Kamu bisa coba cara berikut :

  1. Berdoa. (Baca Bismillah)
  2. Tetap tenang. Positif thingking!
  3. Cek popoknya, jika sudah terlalu lembab segera ganti. Biasanya bayi tidak nyaman jika popoknya terlalu lembab.
  4. Oleskan minyak telon ke bagian perut, dada, punggung dan lipatan lipatan bayi. Langkah ini untuk meminimalisir rasa dingin serta rasa tidak nyaman di perut bayi.
  5. Beri bayi pijatan ILU ( kamu bisa pelajari di youtube) dan gerakan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini agar gas yang terperangkap di perut bayi bisa dikeluarkan.
  6. Jika masih menangis, segera gendong sambil di susui dan menyanyi. Kalau bisa sambil sholawat atau baca ayat qur’an yang kamu hafal.
  7. Berdoa! Minta kesabaran dan kemudahan sama Allah dalam merawat bayi kamu.
  8. Langkah ke 6 diulang ulang sampai bayi tenang.
  9. Jika bayi sudah mulai terlelap, segera masukan ayunan. Agar tidurnya jadi lebih nyenyak.
  10. Jika bayi tak kunjung berhenti menangis yang harus kamu lakukan hanyalah sabar. Karena bayi akan capek sendiri jika sudah terlalu lama menangis. Tetaplah tenangkan dia, pukpuk dia, nenenin dia, bacain dia sholawat. Bacain ayat qur’an.
  11. Ingatlah, ibu yang letih dalam mengandung, melahirkan dan mengurus bayinya ada dalam pengawasan Allah dan dijanjikan pahala.
  12. Doakan terus bayimu agar jadi bayi yang tidak rewel lagi.

Bersabar lah untuk beberapa bulan kedepan.

Bayi yang baru lahir memang gampang gampang susah dalam mengurusnya. Sebab kita sebagai ibu belum paham dengan kebiasan dan ritme bayi kita. Bukan berarti kita ibu yang buruk, hanya saja kalian butuh waktu untuk saling mengerti.

Tidak ada tips yang benar-benar jitu dalam menenangkan bayi yang rewel dan menangis. Bayi yang belum terbiasa dengan dunia diluar rahim dan ibu yang belum masih belajar memahami bayi juga menjadi penentu dalam keberhasilannya. Tetaplah sabar, tak akan lama. Waktu cepat berlalu, tau tau eh anaknya udah mau sekolah aja. Jadi, nikmatilah buk ibuk. Allah with you 🥰